Penyakit Kutu Air

Penyakit kutu air atau tinea pedis disebut juga Athlete’s foot = ringworm of the foot. Penyakit ini sering menyerang orang dewasa yang banyak bekerja ditempat yang basah seperti tukang cuci, pekerja disawah, atau orang-orang yang setiap hari harus memakai sepatu yang tertutup seperti anggota tentara. Keluhan subjektif bervariasi mulai dari tanpa keluhan sampai dengan rasa gatal yang hebat dan rasa nyeri bila ada infeksi sekunder.

Kita dapat membedakan tiga bentuk penyakit kutu air :

  1. Bentuk intertriginosa
    Kelainan yang tampak berupa maserasi, skuamasi serta erosi dicelah-celah jari terutama jari IV dan V. Hal ini terjadi akibat kelemahan di celah-celah jari tersebut, membuat jamur hidup lebih subur. Bila menahun dapat terjadi fisura yang nyeri bula kena sentuh. Bila terjadi infeksi dapat menimbulkan selulitis atau erysipelas disertai gejala umum.
  2. Bentuk hyperkeratosis
    Disini yang tampak lebih jelas ialah terjadinya penebalan kulit disertai sisik terutama pada telapak kaki, tepi kaki, dan punggung kaki. Bila hyperkeratosis hebat dapat terjadi fisura yang dalam pada bagian lateral telapak kaki. Keadaan ini disebut Moccasin foot.
  3. Bentuk vesicular subakut
    Kelainan-kelainan yang timbul dimulai pada daerah sekitar sela jari, kemudian meluas ke punggung kaki atau telapak kaki. Tampak ada vesikel dan bula yang terletak agak dalam dibawah kulit, disertai perasaan gatal yang hebat. Bila vesikel ini memecah akan meninggalkan skuama melingkar yang disebut COLLORETTE. Bila terjadi infeksi akan memperhebat dan memperberat keadaan sehingga dapat terjadi erysipelas. Semua bentuk yang terdapat pada tinea pedis atau penyakit kutu air dapat terjadi pada tinea manus, yaitu dermatofitosis yang menyerang tangan.

kutuairrrrrrrPenyebab utama penyakit kutu air infeksi adalah Trychophyton rubrum, T. mentagrophytes, dan Epidermophyton floccosum. Tinea manus dan tinea pedis atau penyakit kutu air ini harus dibedakan dengan :

  1. Dermatitis kontak akut alergis
  2. Skabies
  3. Psoriasis pustulosa.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan penyakit kutu air adalah :

  1. Gilir kaus kaki untuk memastikan kaus kaki kering benar. Sering mengganti kaus kaki dapat membantu mengatasi masalah ini.
  2. Hindari pemakaian bedak antijamur didaerah yang lembab seperti diantara jari kaki, bedak cenderung menggumpal dan menyebabkan iritasi pada kulit. Lebih baik menaburi bedak talk di dalam sepatu dan sepatu olahraga. Alkohol juga membantu menguapkan kelembapan dan membantu kulit sembuh dari masalah ini.
  3. Jangan mengeringkan kaki dengan menggosok dengan handuk karena akan melepas lapisan kulit yang baru lebih baik menepuk dengan handuk atau handuk kertas sekali pakai.
  4. Cegah kutu air dengan menghindari penggunaan pelembab diantara jari kaki, meskipun kulit kering dan terkelupas, kita perlu mencegah kelembaban didaerah ini.

CARA PEMESANAN SUPER GREEN PLUS G2

Cara Alami Mengobati Penyakit Seputar Kulit:
Gatal-gatal, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Eksim Basah, Eksim Kering, Kaki Pecah-pecah dan Bersisik

1 Box SUPER GREEN PLUS G2 Isi 10 mL  = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan SUPER GREEN PLUS G2, Jumlah Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Super Green Plus G2 Untuk Mengobati Penyakit KUTU AIR & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kutu Air and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.